PEKANBARU INDOFOKUS - Dua putra dan putri terbaik Riau kembali terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang  bertugas di Istana Negara tanggal 17 Agustus 2016. Muhammad Elzi Febriantino dari SMAN 1 Talukkuantan dan Dinda Kamia Evkha Putri siswa SMAN 1 Pangkalan Kerinci. Keduanya baru saja dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (15/8).
Gubernur Riau Arsyadjuliandu Rachman melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Eddy Yusti sangat senang dan bangga dengan prestasi Elzi dan Dinda ditingkat nasional tersebut. Menurutnya, keduanya bisa mencapai prestasi itu merupakan kebanggaan Provinsi Riau. Sejak April hingga Mei 2016, keduanya telah melalui seleksi yang begitu ketat mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Eddy pun senang ketika mengetahui Perwakilan Paskibaraka Riau merupakan anak dari karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Karena para orangtua telah mendukung penuh anak-anaknya mencapai prestasi tersebut.
''Sangat bagus, dua siswi Kabupaten Pelalawan selama dua tahun berturut-turut telah menjadi perwakilan Paskibraka Riau di tingkat Nasional. Dalam seleksi ini tidak ada sistem penjatahan, yang diutamakan adalah prestasi yang dimiliki siswa karena latihannya sudah semi militer,'' jelasnya.
Sebagai perwakilan Riau, Dinda tidak menyangka dirinya dapat terpilih menjadi anggota paskibraka tingkat nasional. Pasalnya, para peserta yang mengikuti seleksi merupakan orang-orang pilihan dari kabupaten dan kota di Indonesia. Ia mengaku dikelilingi oleh orang-orang hebat yang selalu memberikannya semangat dan motivasi.
''Selama 22 hari saya mengikuti pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON) Jakarta. Saya sangat bersyukur bisa terpilih. Tentunya saya akan memberikan yang terbaik untuk Riau dan Indonesia,'' ujar siwsi kelas kelas XI IPA V SMA N 1 Pangkalan Kerinci ini.
Orang tua Dinda, Khairman sangat bangga dengan prestasi yang diraih putrinya. Sebagai orang tua, ia mendukung penuh Dinda demi mencapai prestasi Paskibraka tingkat Nasional. Setiap hari, dirinya menemani Dinda untuk latihan fisik di lapangan Sport Center Town Site I Komplek RAPP.
http://www.goriau.com/assets/imgbank/16082016/paskibraka-5028.jpgKedua orang tua Paskibraka Nasional asal Riau, yakni Khairman (kiri ujung) orang tua dari Dinda Kamia Evkha Putri dan Zulhijas (kanan ujung) orang tua dari Muhammad Elzi Febriantino melakukan foto bersama beberapa waktu lalu.
''Dinda terus berlatih untuk mencapai cita-citanya. Ia juga sering bertanya dan berdiskusi dengan Suomi, seniornya yang telah menjadi paskibraka tahun lalu. Untukk latihan fisik, kami latihan setiap hari, Dalam waktu 12 menit, Dinda bisa mengelilingi lapangan sport center sebanyak empat keliling,'' terang karyawan Electrical Fisnishing Maintenance RAK, RAPP ini.
Senada dengan Orangtua Dinda, Orangtua Elzi , Zulhijas, mengaku bahwa putranya, Elzi sudah terobsesi menjadi paskibra sedari kecil. Berbagai upaya akan dilakukan untuk menggapai tujuannya.
''Sedari SD dan SMP, Elzi senang menjadi petugas upacara bendera. Dia semangat sekali apabila ditunjuk menjadi pengibar bendera,'' kenang Assistent Maintanance Estate Tesso RAPP ini.
Zulhijas juga menjelaskan, bahwa selaku orang tua dirinya sangat mendukung penuh perjuangan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Teluk Kuantan ini. Ia mengaku Elzi harus melewati banyak tes sebelum diterima sebagai Paskibraka.
''Elzi harus mengikuti fisik dan baris-berbaris, tes kesehatan, psikotes, dan tes pengetahuan umum. Dari provinsi terpilih dua pasang yang akan mengikuti seleksi nasional di Cibubur. Alhamdulillah Elzi dan Dinda terpilih sebagai perwakilan dari Riau. Sewaktu tes tingkat provinsi, kami terus mendukung dan memberikan motivasi kepada Elzi supaya mendorong semangat Elzi untuk terus menampilkan yang terbaik,'' ungkap Zulhijas.
Setiap tahun, setiap provinsi dari seluruh Indonesia selalu mengirimkan putra-putri terbaiknya yang akan bertugas di hari kemerdekaan Republik Indonesia. Selama dua tahun berturut-turut siswi asal Kabupaten Pelalawan telah menjadi perwakilan Paskibraka Nasional, tahun 2015 lalu, yaitu Suomi Bologna Apriliana Simorangkir yang berasal dari SMA Taruna Andalan Pangkalan Kerinci juga terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional.
Selain itu, dua anak karyawan RAPP juga berprestasi di bidang yang sama, yakni Medila Sisca Arimi kelas XI IPS di SMA Plus Taruna Andalan adalah putri dari Manager Free Fire Village Program atau Desa Bebas Api, Sailal Arimi. Dan juga putra dari Fiber HR Head RAPP, Fahrizal Tampubolon,yaitu Augie Riztio Ahsan Tampubolon kelas 12 SMA Mutiara Harapan. Mereka berdua terpilih sebagai Paskibraka untuk Kabupaten Pelalawan. RIAUNCOM