I

Home » » Dampak Bau Busuk Gudang Pupuk Milik H.Nurdin, Warga Mekarjaya Minta Tutup?

Dampak Bau Busuk Gudang Pupuk Milik H.Nurdin, Warga Mekarjaya Minta Tutup?



Kades dan Ketua BPD Mekarjaya Telah Berbohong!!!


Cikajang-Garut, INDOfokus- Belum lama ini Wartawan INDOfokus mendapati laporan dari nara sumber berita yang layak dipercaya dan tidak ingin disebutkan identitasnya mengatakan, adanya anak laki-laki yang berinisial AL yang baru berusia kurang lebih 3 tahun sudah 1 minggu ini di rawat di Rumah Sakit Garut, dan kondisinya saat ini sedang kritis. Masih menurut sumber berita INDOfokus anak AL sakit diakibatkan sesak napas karena mencium aroma tidak sedap yang berasal dari gudang pupuk milik Haji Nurdin yang berlokasi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.
Mendapat laporan tersebut akhirnya INDOfokus mencoba investigasi kelapangan yaitu ke Desa Mekarjaya.Masih menurut keterangan dari nara sumber, mengatakan, sudah sejak lama masyarakat di Desa Mekarjaya memprotes keberadaan gudang pupuk milik Haji Nurdin yang baunya sangat menyengat ditambah lagi belakangan ini kian banyaknya lalat bertebaran ke rumah penduduk yang imbas mengganggu kesehatan warga.
Ironisnya keluhan sebagian besar masyarakat tentang keberadaan gudang pupuk milik Haji Nurdin yang berada tidak jauh dari rumah penduduk maupun Kantor Desa tidak direspon sama sekali baik oleh Kepala Desa maupun Ketua BPD Desa Mekarjaya. Yang akhirnya, belum lama ini salah satu anak laki-laki warga di desa kami  yang berinisial AL yang baru berusia kurang lebih 3 tahun saat ini sudah 1 minggu dirawat di Rumah Sakit Garut dikarenakan sesak napas akibat mencium aroma tidak sedap yang berasal dari gudang pupuk milik Haji Nurdin.
Masih menurut sumber berita INDOfokus menyatakan, padahal gudang pupuk milik Haji Nurdin “Diduga” dari mulai berdiri sampai saat ini belum memiliki ijin baik Amdal maupun HO namun entah kenapa pihak aparatur desa tidak cepat menanggapi laporan dari warganya.

Sementara itu, saat Wartawan INDOfokus mencoba konfirmasi ke kantor Desa Mekarjaya untuk menemui Bapak Sukanda selaku Kades Mekarjaya yang kebetulan saat itu didampingi oleh Ketua BPD Mekarjaya yang bernama Bapak Adeng menyatakan, tentang permasalahan gudang pupuk milik Haji Nurdin yang mengakibatkan terjadinya aroma tidak sedap dan mengakibatkan datangnya penyakit, sampai saat ini belum ada keluhan dan laporan dari masyarakat, pungkas Bapak Sukanda.

Ditambahkan oleh Bapak Sukanda kepada Wartawan INDOfokus mengatakan, bahwa sampai saat ini, kami belum pernah menerima keluhan atau keberatan dari BPD yang menampung aspirasi dari masyarakat secara lisan ataupun tulisan, lagipula berdirinya gudang pupuk milik Haji Nurdin ini jauh sebelum saya menjadi Kepala Desa Mekarjaya, pungkas Bapak Sukanda. 

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua BPD yaitu Bapak Adeng, sampai saat ini pihak kami belum menerima pernyataan keberatan secara langsung dari masyarakat baik melalui pernyataan ataupun tanda tangan keberatan adanya gudang pupuk milik Haji Nurdin yang diwakili RT dan RW secara tertulis. 

Namun menurut sumber berita INDOfokus yang layak dipercaya saat ditemui ditempat terpisah mengatakan, bahwa Kepala Desa dan Ketua BPD Mekarjaya telah berbohong!! Pasalnya, hampir sebagian besar masyarakat di Desa Mekarjaya tidak menginginkan keberadaan gudang pupuk milik Haji Nurdin ada didekat lingkungan rumah penduduk dan dekat kantor desa.

Ditambahkan, disamping itu, Kepala Desa dan Ketua BPD pasti sudah mendengar kalau anak Bendahara Desa Mekarjaya yang bernama anak AL saat ini masih dirawat di rumah sakit Garut akibat sesak napas mencium bau tidak sedap dari gudang pupuk milik Haji Nurdin.

Seharusnya Kepala Desa beserta Ketua BPD mengerti bagai mana dampak dari adanya gudang pupuk milik Haji Nurdin yang berada dekat dengan rumah penduduk dan kantor desa Mekarjaya, pertama kian banyaknya lalat yang bertebaran kerumah penduduk, kedua dampak lainnya yaitu, yang paling umum dijumpai adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) termasuk diataranya, yang timbul yaitu Asma, Bronkitis, dan Gangguan Pernapasan Lainnya.
Untuk itu kami hanya bisa berharap jangan sampai ada lagi anak-anak yang menjadi korban terkena ISPA karena mencium bau aroma yang tidak sedap dari gudang pupuk milik Bapak Haji Nurdin, pungkas nara sumber berita INDOfokus.

Sementara itu, Wartawan INDOfokus mencoba konfirmasi ke kediaman Haji Nurdin ternyata tidak ada ditempat, menurut keterangan istri Haji Nurdin kepada Wartawan INDOfokus, bapak sedang ke Garut, sedangkan untuk gudang pupuk, sudah berdiri sebelum Kepala Desa sekarang menjabat. Lagi pula selama ini aman-aman saja tidak ada yang protes.

Ditambahkan oleh Istri Haji Nurdin, sejak dulu keberadaan gudang pupuk di Desa Makerjaya tidak ada yang berani mengutak-atiknya bahkan aman-aman saja, disamping itu, yang namanya LSM, Wartawan, dan Polisi sering datang kesini dan tidak ada masalah, pungkas Istri Haji Nurdin kepada Wartawan INDOfokus.(Andi.AA/Asep P)
Share this article :

No comments:

Popular Posts Today

 
Support : Creating Website | media indofokus | indofokus | indofokus.com | media indofokus | indofokus News | Media indofokus
Copyright © 2011. TABLOID INDOFOKUS.COM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired MEDIA INDOFOKUS
Proudly powered by Blogger