I

Home » » Pecandu Lebih Baik Rehabilitasi Daripada Dipenjara

Pecandu Lebih Baik Rehabilitasi Daripada Dipenjara

Pecandu Lebih Baik Rehabilitasi Daripada Dipenjara (ilustrasi)
Pecandu Lebih Baik Rehabilitasi Daripada Dipenjara
JAKARTA  INDOFOKUS- Badan Narkotika Nasional (BNN) telah mencanangkan 2014 sebagai tahun penyelamatan pengguna narkoba, yang bertujuan untuk menurunkan angka prevalensi pengguna narkoba melalui rehabilitasi.
Hal tersebut yang mendasari digelarnya Focus Group Discussion ( FGD ) dengan masyarakat RW 06 Rawasari, Jakarta, Minggu (9/11/2014).
Rusdiana HB, Analisis Monitoring Manajemen Kekambuhan dan Wajib Lapor Deputi Bidang Rehabiltasi, selaku pembicara mengatakan bahwa pentingnya mensosialisasikan kebijakan yang telah ditetapkan oleh BNN melalui kegiatan diskusi.
"Agar setiap anggota keluarga dan seluruh lapisan masyarakat paham dan mengerti serta mendorong pengguna narkoba dan keluarganya secara sukarela melaporkan diri ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) untuk dilakukan assessment," jelas Rusdiana.
BNN mengingatkan kepada masyarakat apabila para pengguna melaporkan diri ke BNN untuk direhabiltasi maka mereka tidak akan terjerat hukum sesuai dengan UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
"Bagi pengguna yang melapor ke 130 Puskesmas dan RS serta 140 tempat rehabilitasi yang dikelola oleh Kementerian Sosial serta 45 RS Polri yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan tidak akan terkena jerat hukum karena telah dilindungi Undang-undang," jelasnya.
Makna dari penyelamatan pengguna narkoba adalah bentuk komitmen bersama unuk menyelamatkan pengguna narkoba yang saat ini masih "bersembunyi" dan mendorong serta meyakinkan para pengguna dan keluarganya untuk melaporkan diri secara sukarela kepada Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL).
"Agar memperoleh perawatan atau rehabiltasi sehingga dapat menyongsong masa depan yang lebih baik dan tidak kambuh kembali," tutupnya.  (Okezone)
Share this article :

No comments:

Popular Posts Today

 
Support : Creating Website | media indofokus | indofokus | indofokus.com | media indofokus | indofokus News | Media indofokus
Copyright © 2011. TABLOID INDOFOKUS.COM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired MEDIA INDOFOKUS
Proudly powered by Blogger