I

Home » » Revisi UU MD3 Disebut Demi Lindungi Pelaku Korupsi

Revisi UU MD3 Disebut Demi Lindungi Pelaku Korupsi

Revisi UU MD3 Disebut Demi Lindungi Pelaku KorupsiGedung DPR (Dok Okezone)JAKARTA INDOFOKUS - PDI Perjuangan masih tidak menerima pengesahan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), yang salah satu butirnya menyangkut mekanisme penentuan pimpinan DPR periode 2014-2019.
 
Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, pengesahan UU MD3 merupakan bentuk manuver elit partai politik untuk mendapat kekuasaan dan melindungi kasus-kasus korupsi.
 
"Jadi elit jangan coba-coba menggunakan kekuasaan hanya demi ambisi kekuasaan dan melindungi kasus-kasus di dalamnya. Dalam kasus MD3 itu melindungi kepentingan-kepentingan korupsi yang sedang terjadi," kata Hasto saat ditemui di Kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Kebagusan No 45, Jakarta Selatan, Rabu (9/7/2014).
 
Dia menambahkan, akal-akalan elit parpol di DPR menunjukan adanya upaya mengkerdilkan kedaulatan rakyat. "Saya tahu dari tangan-tangan mereka sebenarnya demokrasi dikerdilkan, dijauhkan dari rakyat dan alat permainan elit. Itu menunjukan suatu ambisi untuk melanggengkan kepentingan tertentu," tegasnya.
 
Dia pun menyindir, seharusnya kedaulatan rakyat dalam keputusan politik tidak bisa ditentukan oleh elit-elit partai politik. "Jadi kedaulatan dalam keputusan politik tidak ditentukan oleh sosok Aburizal Bakrie, Suryadharma Ali dan Setya Novanto yang mencoba menjauhkan antara apa yang diputuskan oleh rakyat dengan yang di DPR," terangnya.
 
Kendati demikian, dia tak merisaukan disahkannya UU MD3 yang terkesan sangat dipaksakan itu bisa menjegal program-program Joko Widodo-Jusuf Kalla kalau terpilih jadi presiden.
 
"Tidak, bagi yang berfikir politik di tangan elit pasti akan berfikir seperti itu. Tapi Jokowi berfikir membangun keberadaban politik dari basis legitimasi rakyat. Ketika itu berjalan selama program pro rakyat untuk Indonesia yang lebih baik tidak ada kekuatan yang akan melawan itu kecuali rakyat sendiri," paparnya.
 
Hasto malah menuding pihak Prabowo yang merasa khawatir jika Jokowi jadi presiden, sehingga perubahan UU MD3 itu disahkan. "Ya mereka menggunakan momentum politik. Bahwa konfigurasi akan berubah tidak hanya pilpres, tetapi konfigurasi akan berubah di dalam penetapan anggota dewan yang baru nanti," tuntasnya.
(Okezone)
Share this article :

No comments:

Popular Posts Today

 
Support : Creating Website | media indofokus | indofokus | indofokus.com | media indofokus | indofokus News | Media indofokus
Copyright © 2011. TABLOID INDOFOKUS.COM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired MEDIA INDOFOKUS
Proudly powered by Blogger