I

Home » » Musyawarah Kesepakatan Bersama Kecamatan Batang Angkola Dengan Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Musyawarah Kesepakatan Bersama Kecamatan Batang Angkola Dengan Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara



Lokasi Gambar : Di Aula Balai Desa Kantor Camat Batang Angkola Kab. Tapanuli selatan Camat Kec. Batang Angkola yang didampingi oleh camat Padangsidimpuan Tenggara Danramil Batang Angkola Kapten ARH Sulaiman Simamora, Kapolsek Batang Angkola yang diwakili Alen Silitionga dan kepala balai irigasi rawa III sumut Purba
Batang Angkola Indofokus  Musyawarah posko pertanian bersama kecamatan batang angkola dengan kecamatan padangsidimpuan tenggara dilaksanakan di SKB Batang Angkola kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan Senin, (30/6) yang dibuka oleh Camat Kec. Batang Angkola yang didampingi oleh camat Padangsidimpuan Tenggara Danramil Batang Angkola Kapten ARH Sulaiman Simamora, Kapolsek Batang Angkola yang diwakili Alen Silitionga dan kepala balai irigasi rawa III sumut Purba.
Tujuan dilakukannya musyawarah tersebut untuk membuat kesepakatan polta tanam bersama antara kecamatan batang angkola dengan kec. Padangsidimpuan tenggara untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dimana selama ini sistem pola tanam selama ini belum terlaksana dengan baik karena masyarakat masih banyak memakai sistem tanam turun temurun dan pengairan yang belum teratur. Disebabkan dihulu pengairan air berlimpah ruah tapi dihilir airnnya semakin habis ini dsebabkan kurangnya koordinasi antara kecamatan padangsidimpuan tenggara dengan kecamatan batang angkola dimana luas areal pertanian di Padangsidimpuan Tenggara  400 Hektar sedangkan di hilir kecamatan batang angkola 4350 Hektar  yang membuat pengaliran air belum maksimal untuk ini diharapkan supaya membuat jadwal pola tanam bersama antara padangsidimpuan tenggaran dengan kecamatan padangsidimpuan tenggara sehingga pengaliran air dapat mengalir dengan baik.
Dikesempatan itu juga kepala irgasi rawa III Sumt Purba menjelaskan keberadaan Dinas Irigasi Rawa III Sumut adalah hanya membangun sarana dan prasarana saja sedangkan perawatan dan pemanfaatan air ada diatur UPTD PSDA Batang Angkola siapa-siapa pengguna utama, siapa-siapa yang mengoperasikan irigasi dan siapa yang mengawasi aliran irigasi tersebut beliau juga berharap supaya petugas P3A Kecamatan berkordinasi dengan Dinas Pertanian dan melaporkan ke kecamatan dan kecamatanlah yang memberikan laporan kebalai irigasi rawa III Sumut pungkasnya.
Disela-sela itu juga perwakilan masyarakat dan kelompok tani kepala desa  Rahmad Hutasuhut  desa Labuahan Rasoki mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah yang telah membangun sarana prasarana irigasi sehingga pengaturan pengairan di lahan pertanian dapat dilakukan dengan baik ungkapnya. Dalam musyawarah posko pertanian itu dihadiri oleh camat kecamatan batang angkola camat kecamatan padangsidimpuan tenggara danramil batang angkola  kapten ARH Sulaiman Simamora Kapolseek Batan Angkola yang diwakili oleh Alen Silitonga kepala irigasi rawa III Purba, pengawas irigasi Batang Angkola, Kepala Desa se Kecamatan batang angkola, kepala desa se kecamatan padangsidimpuan tenggara P3A, penyluh pertanian kelompok tanidan tokoh masyarakat sepakat akan selalu bekerja sama dan akan melakukan sistem tanam bersama antara kedua kecamatan itu. (Zulherman)
Share this article :

No comments:

Popular Posts Today

 
Support : Creating Website | media indofokus | indofokus | indofokus.com | media indofokus | indofokus News | Media indofokus
Copyright © 2011. TABLOID INDOFOKUS.COM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired MEDIA INDOFOKUS
Proudly powered by Blogger