I

Home » » SBY Jadi Cawapres Usulan Menarik

SBY Jadi Cawapres Usulan Menarik


JAKARTA INDOFOKUS ESA-- Wacana yang digulirkan mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi calon wakil presiden 2014-2019 dinilai merupakan ide yang menarik. Namun, permasalahannya, ide menarik itu dilontarkan oleh Anas.
"Kalau kita lihat dari sisi substansi, saya kira menarik apa yang dilempar oleh Anas. Tapi secara psikologis dan bagaimana posisi Anas dan SBY dalam konteks pro-kontra, saya pikir ini sindiran halus," kata pengamat politik Charta Politika Indonesia Yunarto Widjaja di Jakarta, Jumat (6/12).
Yunarto mengatakan, ide Anas menarik karena Demokrat memang hanya bisa diselamatkan oleh sosok SBY. Hal itu terbukti dalam pemilu 2004 dan 2009. Terlihat juga dalam survei bahwa Demokrat hanya dilihat sebagai partai SBY.
"Anas ingin gulirkan isu bagaimana kita lempar kembali SBY menjadi magnet elektoral. Tetapi dengan keterbatasan yang ada secara konstitusi (tak bisa maju sebagai capres), kita lempar saja menjadi orang nomor dua. Jadi secara substansial ini ide yang menarik," katanya.
Namun, kata Yunarto, jika melihat belum selesainya konflik antara SBY dengan Anas, saran SBY maju sebagai cawapres bisa jadi merupakan sindiran untuk SBY. Demokrat menjadi partai keluarga SBY.
"Ada keotoriteran partai. Sehingga muncul ledekan partai ini hanya bisa diselamatkan dengan menurunkan derajat SBY sebagai cawapres," kata Yunarto.
Ia juga menduga, usulan itu balasan atas serangan SBY dulu, bahwa terpuruknya Demokrat akibat terkatung-katungnya kasus dugaan korupsi yang melibatkan Anas di Komisi Pemberantasan Korupsi.
"Ini perang dingin yang belum usai. Penurunan elektabilitas Demokrat ternyata bukan hanya mengenai kasus hukum Anas. Tetapi juga mengenai citra SBY, citra pemerintahan, bahkan kasus-kasus hukum yang tetap terjadi meski Anas sudah menjadi tersangka. Kasus hukum itu melibatkan orang-orang lain yang bisa dikatakan lingkaran dalam SBY," papar Yunarto.

* Usul Anas
Seperti diberitakan, Presiden SBY diusulkan maju sebagai calon wakil presiden 2014-2019. Hal itu dilontarkan Anas Urbaningrum ketika dimintai tanggapan terkait merosotnya elektabilitas Partai Demokrat menjelang tahun pemilihan. Menurut Anas, SBY yang kini menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi dan Ketua Umum Partai Demokrat merupakan kartu truf partai tersebut untuk menghindari dari keterpurukan hasil pileg.
Pada Rabu (4/12), dalam akun Twitter pribadinya(@anasurbaningrum), Anas memberikan argumentasi bila SBY diduetkan dengan para tokoh nasional yang digadang-gadang akan maju sebagai calon presiden. Di antara nama tersebut, menurut Anas, duet Prabowo-SBY akan sangat kuat dan menarik.
"Pasangan kawan lama yang selama ini berhubungan baik. Simulasi pasangan bisa dilanjutkan ke nama-nama lain. Yang jelas, kalau cawapresnya Pak SBY, pasti akan lebih kuat dan menarik," kata Anas dalam Twitter-nya.
( www.caleg-indonesia.com)
Share this article :

No comments:

Popular Posts Today

 
Support : Creating Website | media indofokus | indofokus | indofokus.com | media indofokus | indofokus News | Media indofokus
Copyright © 2011. TABLOID INDOFOKUS.COM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired MEDIA INDOFOKUS
Proudly powered by Blogger