I

Home » » Lagi, Penyelundupan Daging Digagalkan

Lagi, Penyelundupan Daging Digagalkan

Minggu, 28 Juli 2013 13:13 WIB


MEDAN INDOFOKUS ESA - Polda Sumut kembali menggagalkan penyelundupan daging sapi melalui pelabuhan di Teluknibung, Tajungbalai. Sebanyak 16 ton daging yang diangkut tiga truk itu ditemukan di jalur lintas Desa Pare-pare, Kecamatan Airputih, Batubara, saat hendak menuju Medan, Sabtu (27/7) dini hari.

Seluruh daging yang sudah dibekukan itu berasal dari India, tapi diselundupkan melalui Malaysia menuju pelabuhan di Teluknibung, Tanjungbalai. Polisi memastikan tidak ada dokumen impor pada daging yang dikemas dalam berbagai ukuran itu. “Kita memang sedang fokus memburu peredaran daging ilegal. Salah satunya mengawasi aktivitas di pelabuhan,” kata Kanit III Subdit I Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda Sumut Kompol Ahmad Nasution.

Seluruh daging bersama enam awak truk langsung diamankan ke Mapolda Sumut. Pemeriksaan keenam pelaku masih terus didalami untuk mengetahui pemilik daging itu. “Pemiliknya masih diusut. Mudah-mudahan dengan adanya enam saksi ini bisa terungkap,” lanjut Ahmad.

Namun seorang awak truk, Amiruddin (49) ketika ditanya wartawan mengaku tidak tahu siapa pemilik daging itu. Ia memastikan keterlibatan mereka hanya sebatas bisnis, dan dia juga tidak tahu kalau daging itu bermasalah. “Kalau tahu bermasalah ya gak maulah. Siapa yang mau lebaran di penjara,” kata Amiruddin.

Dijelaskannya, mereka hanya disuruh seseorang di Tanjungbalai untuk membawa daging itu ke Medan. Dalam perjanjian itu, daging itu hanya diantar ke pintu tol, di situ nanti ada pihak pembeli yang menjemput.

Kasus ini merupakan yang kedua kalinya terjadi setelah pada Rabu (25/7) lalu ditemukan 40 ton daging ilegal di sebuah komplek perumahan, Jalan Pancing, Percut Seituan, Deliserdang. Polisi memastikan seluruh daging itu akan dimusnahkan, karena tak ada jaminan kesehatan untuk dikonsumsi.(mad)
SUMBER PROHABA
Share this article :

No comments:

Popular Posts Today

 
Support : Creating Website | media indofokus | indofokus | indofokus.com | media indofokus | indofokus News | Media indofokus
Copyright © 2011. TABLOID INDOFOKUS.COM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired MEDIA INDOFOKUS
Proudly powered by Blogger